Minggu, 21 April 2013

Langkah-langkah tune up pada mesin diesel

TUNE UP

URAIAN

TUNE-UP Merupakan pekerjaan perawatan rutin atau servis ringan yang dilakukan secara periodik atau saat mesin mobil mengalami gangguan-gangguan kecil. Tune-up dilakukan biasanya setelah kendaraan mencapai jarak tempuh 10.000 - 15.000 km. Maksud mengembalikan tenaga mesin seperti semula.
Pemeriksaan, pembersihan, penggantian, dan penyetelan komponen atau bagian-bagian mesin menjadi bagian tune-up dengan berbagai prosedur yang ditempuh
TUJUAN TUNE UP
            Tune up merupakan usaha untuk mengembalikan kondisi mesin seperti semula apabila kendaraan mengalami gangguan dan kerusakan akibat pemakaian secara terus menerus. Tujuan dari Tune up adalah agar kendaraan tetap menghasilkan tenaga yang maksimal dan senantiasa dalam kondisi baik.    
TUNE UP MOTOR DIESEL
Sistem Pendinginan
Energi yang dimasukan didalam motor berupa bahan bakar hanya kira-kira 30% yang dapat diubah menjadi energi mekanis (gerak). Sisanya sebesar 70% hilang percuma berupa kalor sebesar 25-30% melalui pendinginan dari motor. Sistem pendinginan mempunyai tugas untuk menyerap panas mesin yang kemudian akan disalurkan atau dikeluarkan kembali ke udara luar.
 Di bawah ini adalah prosedur pemeriksaan sistem pendinginan dalam tune up :
a.     Periksa tinggi air pendingin
Jika tinggi air pendingin kurang dari batas full maka isilah hingga garis batas full tersbut pada tangki
b.     Periksa kualitas air pendingin
Perksalah apakah air tercampur oli atau kotoran dan apakah menimbulkan karat.
c.      Periksa cara kerja tutup radiator
Dengan menggunakan alat tes tutup radiator, periksa tekanan pegas dan dudukan katupvakum dari tutup radiator. Jika tutup radiator membuka pada tekanan dibawah angka spesifikasi : STD = 0.75 – 1.05 dengan limit 0.6 kg/cm. Jika tutup radiator rusakmaka tutup tersebut harus diganti.

Memeriksa/mengganti/menyetel tali kipas.
Periksa tali kipas dari kemungkinan aus dan retak. Hal ini dapat menyebabkan tali kipas putus dan mesin panas atau naik temperaturnya. Periksa kekerasan tapi kipas. Bila terlalu kendor atau terlalu kencang harus disetel kembali. Kekerasan tali kipas=bila ditekan dengan kuat (10 kg) kelengkungan tali kipas 7-11 mm.
Dalam tune up ada dua langkah pemeriksaan tali kipas yaitu :
a.     Pemeriksaan secara visual.
Memeriksa tali kipas kemungkinan terdapat :
-         Retak sudah buruk.
-         Persinggungan tidak sempurna antara tali dan pully.
-         Terdapat oli atau gemuk pada tali kipas tersebut.
b.     Periksa dan stel kekencangan tali kipas.
Periksa kelenturan tali kipas dengan memberikan tekanan sebesar 98N/10kg diantara dua pulli, stel bila perlu, lihat spesiikasi kelenturan tali pulli diantara alternator dan pompa air.
Antara :         kipas dan alternator, jarak kelenturan 7 – 11 mm.
                      Engkol dan kompresor, jarak kelenturan 11 – 14 mm.
 
Memeriksa/membersihkan/mengganti filter udara, solar dan oli.
Periksa saringan udara. Bila saringan udara kotor dapat menghambat aliran udara yang masuk sehingga putaran mesin tidak stabil. Bersihkan saringan udara dengan mengembuskan udara bertekanan dari arah dalam ke luar. Jika sudah terlalu kotor dan rusak, saringan harus diganti.
Cara pengerjaannya adalah :
-   Buka elemen saringan udara
-   Untuk membersihkan elemen, tiupkan udara kompres dari bagian dalam seperti pada gambar.

Periksa juga filter solar (fuel filter). Bila saringan solar kotor dapat menyebabkan suplai solar terlambat hingga mesin tersendat-sendat. Bersihkan saringan bensin dengan mengembuskan udara bertekan dari arah luar (out) ke arah masuk (in).
 
Memeriksa baterai (accu).
a.     Periksa batterai secara visual, dari kemungkinan yang bisa terjadi :
Periksa terminal dan klem pengikatnya. Bila kotor dan longgar, menyebabkan suplai arus kurang, harus dibersihkan dengan cara mengampelas dan mengeraskan klem pengikatnya.
b.Ukuran berat jenis elektrolit.
Tambahkan air accu (bukan accu sur) jika kurang. Periksa berat jenis air accu dengan menggunakan alat Hidrometer, sedot air accu hingga masuk ke dalam hidrometer dan baca hasil pengukurannya. Berat jenis air accu yang baik = 1,26 - 1,28. Jika kurang dari ketentuan menyebabkan saat stater kurang kuat, baterai harus disetrum (charger).


Oli mesin.
Bila oli sudah hitam dan encer, oli harus diganti. Ganti oli dilakukan setiap 3.000 km atau jenis oli tertentu mencapai 5.000 km, tetapi jika oli sering kurang atau habis harus segera dilakukan perbaikan pada sistiem pelumasan oli.
Cara Pengerjaanya adalah :
-         Periksa tinggi oli
Tinggi oli harus berada diantara tanda “L” dan ”F”. Jika kurang maka periksa apakah terdapat tanda-tanda kemungkinan ada kebocoran, lalu tambah oli mesin setidaknya sampai tanda “F” (fuel)
-         Periksa kualitas oli.
Periksa Oli apakah ada kemungkinan oli sudah kotor, kemasukan air maupun telah berubah warna. Maka gantilah oli dengan yang baru.
-         Ganti saringan oli.
-         Buka saringan oli dengan SST .
-         Sebelum memasang filternya yang baru, sebaiknya beri sedikit oli terlebih dahulu pada seal filter.
-         Untuk pemasangan, cukup dengan mnggunakan tangan saja.
-         Setelah mesin dihidupkan, periksa oli dari kemungkinan kebocoran dan periksa kembali tinggi oli.
 
memeriksa/menyetel celah katup
      Periksa celah katup dari kemungkinan terlalu renggang/sempit, bila celah katup terlalu renggang mesin panas dan tenaga kurang. Sebaliknya bila terlalu sempit bahan bakar (solar) boros dan mengeluarkan asap hitam. Untuk itu, bila celah katup tidak benar harus disetel lagi, dengan cara:
a) Topkan silinder nomor satu pada TMA.
b) Lakukan penyetelan dengan urutan dari depan: buang- isap- isap- buang.
c) Untuk ukuran celah katup Ex 0,25mm In 0,20 mm (khusus mitsubitshi kuda).
d) Kemudian putar puly 1kali/ putaran 360 .posisikan silinder no 4 pada TMA.
e) Ukur/ stel celah katup dengan urutan: buang- isap- isap- buang.
Catatan:
-gunakan fuller yang masih baik (belum aus).
-pada saat menyetel tarikkan fuller gauge harus lurus.
-Setiap jenis/merek kendaraan memiliki ketentuan ukuran celah katup sendiri-sendiri, dapat dilihat pada buku petunjuk perawatan mobil. Contoh mitsubitshi kuda, katup masuk = 0,20 mm, katup buang = 0,25 mm.
 
Membersihkan injector dengan menggunakan injector cleaner.
Injector berfungsi untuk menyemburkan bahan bakar ke ruang bakar mesin.
Masalah yang sering terjadi pada injector:
1.     Lemahnya semburan bahan bakar
Jarum injector yang tersumbat kotoran akan menyebabkan tidak kuatnya semburan bahan bakar dari injector ke ruang bakar.
2.     Kebocoran injector
Kebocoran terjadi ketika jarum injector tidak bisa menutup rapat setelah selesai menyemburkan bahan bakar.
Cara pengerjaanya:
Isi tangki dengan cairan pembersih (injector cleaner) untuk menghilangkan air, belerang, atau jamur  yang mungkin berada di injector.

Kalibrasi Injector
Tujuan kalibrasi Injector:
Kalibrasi Injector diesel ini gunanya agar injector bisa kembali prima, jadi konsumsi solar kembali irit, mesin tidak pincang, dan tidak mengeluarkan asap hitam.
Cara pengerjaanya:
Lepas Injector, kemudian di uji dengan alat khusus ultrasonic. Alat tersebut berfungsi  untuk mengetahui debit bahan bakar, pola semburan bahan bakar, dan ada tidaknya kebocoran pada jarum injector.

33 komentar:

  1. Berapa jarak/ celah klep masuk dan klep buang pada mesin diesel Yanmar TF 65H di??mohon petunjuknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setel katup mitsubishi kuda diesel cuma nyari top 1 sama top 4 saja ya gan...

      Hapus
  2. Mas lam kenal y saya pengguna kuda diamond diesel klep masuk saya setel 30 yg keluar 25 mesin jadi enteng tapi berat di tanjakan....kl aslinyA darivuku pedoman kuda brp mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. buang 20, masuk 15, pasti ringan tarikan dan bertenaga

      Hapus
    2. buang 20, masuk 15, pasti ringan tarikan dan bertenaga

      Hapus
    3. Masuk 30 keluar 30enteng di tanjakan dan datar

      Hapus
  3. Maaf pak numpang nanyak.klau ukuran katup isap dan bunang untuk izuzu panter 2.5 berapa pak,trimakasih.

    BalasHapus
  4. Brapa ukuran cela katup nissan rh 10 mhon infonya pak

    BalasHapus
  5. Brap ukuran cela katup nissan diesel rh 10, minta infonya ya pa,

    BalasHapus
  6. Brap ukuran cela katup nissan diesel rh 10,mhon infonya pak.

    BalasHapus
  7. Mas numpang nanya kalau taft ukuran in dan ex nya brapa ya..bospum nya harus di stel juga ngak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Stel aja masuk 30 keluar 30 pasti solarnya ngga telat masuk,bospom di miringkan/di dengkek

      Hapus
  8. Mas mau nanya panter gue klo habis injak gas di lepas mati kira2 apanya ya?

    BalasHapus
  9. Mas mau nanya panter gue klo habis injak gas di lepas mati kira2 apanya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Governor pda injektor sudah tak berfungsi sbgai mestinya,, sbiknya anda sgera melakukan serfis injektor.

      Hapus
  10. Kalau strada triton berapa ukuran celah klepnya ya

    BalasHapus
  11. Tanya, kalau mitsubishi L200 strada, berapa ukuran celah klepnya. Mohon info, tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau tayak, ukuran kelep kijang disel asli y berpa.

      Hapus
  12. Tanya, kalau mitsubishi L200 strada, berapa ukuran celah klepnya. Mohon info, tks

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. mas panther saya kalau di gas ada suara tek tek tek apanya ya.... 2004 stel klep sdh d rapetkan mASIH ... NGAK ADA PERUBAHAN

    BalasHapus

    BalasHapus
  15. Ukuran katup nissan rf 10 minta infonya bos

    BalasHapus
  16. Berapa ya ukuran celah katup kijang diesel.
    Tolong masukannya dong

    BalasHapus
  17. Bro aku punya Mitsubishi CR 2.5A DC jika penggantiian Injector haruskah di lakukan programing data tiap-tiap Salenoid yang berbeda ke ECU..? slm.

    BalasHapus
  18. Kalau Strada L200 brpa stlan katupnya bang.moho infonya?

    BalasHapus
  19. Berapa Klu jarak cela katup yanmar tf155R ?
    Mohon bantuannya

    BalasHapus
  20. Mobil Mitsubishi Triton exeed, perlu nggak Pak di Tune Up mohon infonya 🙏

    BalasHapus
  21. Berapah ukuran celah klep mesin diesel yanmar tf 155 ?, mohon bantuannya trimakasih...!

    BalasHapus
  22. Celah klep kijang ddiesel berapa?

    BalasHapus